Rabu, 08 Februari 2017

Kabel Jaringan UTP, FTP, STP, dan Fiber Optic

1. KABEL UTP
definisi kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel. Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

Fungsi Kabel UTP
Kabel UTP sendiri memiliki fungsi untuk dapat di gunakan manjadi kabel untuk jaringan LAN di suatu system network yang apada umumnya pada kabel UTP memiliki impedansi yang kurang lebih 100 Ohm yang terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan kemampuannya sebagai penghantar data.

Kabel UTP sering digunakan pada jaringan telepon dan juga jaringan LAN, yaitu :


Kabel Straight digunakan untuk menguhubungkan 2 device berbeda  , dan cara pemasangan ujungnya sama dengan ujung yang lainnya .
Penggunaan kabel Straight biasa digunakan pada :
  1. Menghubungkan komputer dengan Swich
  2. Menghubungkan komputer dengan LAN pada modem kabel
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable
  4. Menghubungkan Switch ke Router
  5. Menghubungkan HUB kerouter



Kabel Cross (crossover) kebalikan dari Straight , digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama . dan sususan ujung kabelnya berbeda dengan ujung lainnya .
Penggunaan kabel crossover digunakan pada : 

  1. Menghubngkan 2 buah komputer secara langsung
  2. menghubngkan 2 switch
  3. menghubungkan 2 HUB
  4. Menghubungkan Switch dan HUB
  5. Menghubngkan komputer dengan router .
2. KABEL FTP
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses/pertukaran transfer data antara dua komputer (client dan server).
Fungsi FTP :

Fungsi utama dari FTP adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan, baik itu jaringan local maupun jaringan global (internet).
Jenis - Jenis FTP
1. FTP ServerFTP server adalah komputer server yang memberikan akses FTP ke jaringan local maupun Internet (global). Macam - macam software pembangun FTP server antara lain adalah FTPd, Pro-FTPd, Wu-FTPd, FTPX, Troll-FTPd .
2. FTP ClientFTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file.

3. PENGERTIAN KABEL STP
Kabel STP adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi.
Fungsi :
Fungsi Kabel STP adalah sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti : telepon, komputer, televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.  
4. KABEL JARINGAN FIBER OPTIC
Kabel jaringan fiber optic adalah suatu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai media transmini terarah(guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer.

Fungsinya :
fungsi kabel jaringan fiber optik diantaranya yaitu untuk kepentingan jaringan biasa seperti LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network) atau MAN. Biasanya kabel jaringan fiber optik lebih banyak ditemukan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas seperti perusahaan-perusahaan besar atau instansi pemerintahan yang menuntut adanya struktur jaringan dengan kemampuan yang benar-benar cepat.





4 komentar:

  1. kok bagian FTP ngawur sih, FTP disini kan kabel bukan internet protocol. Kan sekarang saya jadi tidak pintar, saya butuh informasi yang benar mas

    BalasHapus
  2. semangat mbaa, mungkin mbaa lelah wkwkwkwkw ;v

    BalasHapus
  3. FTP (kabel) adalah Foiled Twisted Pair

    BalasHapus